Pages

About Me

Foto saya
Kami adalah sahabat dari SMP. Khususnya SMP Negeri 2 Mojoagung. Kami adalah Sokhib, Arul, Fauzan, Rizky, & Deden. Tapi maaf untuk profil belum bisa manampilkan foto kelima anggotanya.

Sabtu, 21 November 2009

barongsai

KENAPA PERTUNJUKAN BARONGSAI SERING DIGUNAKAN DALAM UPACARA KEAGAMAAN MASYARAKAT CINA?




Nama barongsai berasal dari gabungan kataa barong dalam bahasa Jawa dan kata sai dalam bahasa Cina dialek Hokian, yang artinya ‘singa’. Menurut orang Tionghoa, singa melambangkan kebahagiaan dan kegembiraan. Aslinya, tarian ini disebut sebagai nong shi dan telah populer sejak zaman periode tiga kerajaan (Wu, Wei, dan Shu Han) pada tahun 220-280.

Awalnya, oleh masyarakat Cina, tari barongsai tidak pernah dikaitkan dengan ritual keagamaan apa pun. Namun, lama kelamaan, rakyat Cina percaya bahwa pertunjukan barongsai itu dapat mengusir hawa-hawa buruk dan roh-roh jahat. Belakangan ini, pertunjukan Barongsai juga kembali kerap digelar di acra-acara nonkeagamaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong ketika memberikan komentar apabila anda tidak mempunyai akun, name yang di bawah komentar, yang ada tanda panah kebawah itu tolong di klik dan klik deret paling bawah sendiri (anonymous).
dan apabila anda memberikan komentar, jangan lupa memberikan nama dibawah komentar anda. terima kasih. (^_^)

 

Blogger news

Blogroll

About