Pages

About Me

Foto saya
Kami adalah sahabat dari SMP. Khususnya SMP Negeri 2 Mojoagung. Kami adalah Sokhib, Arul, Fauzan, Rizky, & Deden. Tapi maaf untuk profil belum bisa manampilkan foto kelima anggotanya.

Sabtu, 07 November 2009

Madu

MADU

Tahukah anda apa madu itu?
Sejak ribuan tahun yang lalu, orang-orang telah mengenal madu. Sebagian besar dari kita juga mungkin mengerti apa madu itu. Tapi jika ditelusuri lebih dalam, ternyata madu adalah minuman yang berasal dari tumbuhan, lebih tepatnya dikenal dengan sari manis dari bunga tumbuhan yang diambil oleh lebih untuk dijadikan sebagai bahan makanan, terutama bahan makanan untuk sang ratu yang di setiap sarang lebah hanya terdiri dari satu atau dua ratu saja. Lebah-lebah pengikut / koloni harus siap mencarikan bahan makanan yang berupa madu demi mempertahankan hidupnya lebih lama, karena bagi lebah jantan sanggup mengawini ratu lebah akan mati. Bagi lebah sendiri, madu adalah sumber karbohidrat.
Madu mempunyai rasa yang beraneka ragam. Rasa madu tidak selalu manis, melainkan ada rasa lain. Rasa tersebut tergantung dari mana lebah tersebut mengambil sari bunga. Lebah biasanya mengambil sari manis bunga yang ada di sekitar sarangnya. Sangat jarang lebah mengambil sari manis bunga yang jauh dari sarang lebah tinggal, sehingga, bila lebah itu bersarang di perkebunan kelengkeng, maka rasa madu itupun akan berasa kelengkeng. Begitu pula bila lebah itu bersarang dekat perkebunan rambutan, mangga, belimbing, jeruk dll.
Dengan keanekaragaman rasanya, madu memiliki kandungan gizi yang sangat diperlukan bagi tubuh. Khususnya bagi orang-orang yang mempunyai kegiatan cukup padat. Setidaknya ada sekitar 70 zat penting di dalamnya. Kandungan tersebut antara lain, karbohidrat, levolusa (d-fruktosa), dektrosa (d-glukosa), sukrosa, dekstrin, protein, acid-acid tumbuhan enzim (Diastose dan investose), vitamin B, B kompleks, A, C hingga zat anti biotic dan lemak, meskipun kandungannya tidak terlalu banyak. Selain itu juga terdapat berbagai kandungan mineral yang berguna bagi tubuh seperti zat besi, tembaga, silicon, khlor, kalsium, potassium, fosfor, aluminium dan magnesium. Sehingga tidak mengherenkan jika banyak ahli gizi di dunia mengatakan bahwa madu adalah minuman terbaik di dunia yang pernah ada.
Khasiat madu sangatlah banyak, sehingga banyak orang mencarinya, mulai dari orang sakit sampai orang yang segar bugar. Hal ini disebabkan karena madu bisa mengembalikan kondisi fisik yang drop. Mengkonsumsi madu, dapat menjaga tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti influenza, batuk, hingga yang termasuk dalam kategori berat seperti jantung dan osteoporosis. Madu bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan ramuan jamu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan karena kandungan pada jamu akan lebih lengkap bila diberi madu.
Selain untuk menjaga dan memulihkan kondisi tubuh, madu juga dapat digunakan untuk memulihkan bibir yang pecah-pecah menjadi halus kembali dengan mengoleskannya. Selain itu masih sangat banyak resep-resep dari madu khususnya untuk kesehatan.
Khasiat mengkonsumsi madu memang sangatlah banyak, mulai dari kesehatan untuk menghindarikan tubuh dari berbagai penyakit juga berguna untuk dunia kecantikan. Namun, untuk mendapatkan madu yang murni atau tidak terdapat campuran bahan lainnya cukup sulit. Karena biasanya, madu yang dijual di pasaran sudah dicampuri bahan lainnya, sehingga bila dikonsumsi akan mengurangi khasiatnya.
Berikut beberapa tips memilih madu yang murni dan aman.
1. Pilihlah madu yang terdiri tidak dalam satu warna saja, tetapi ada sentuhan warna lain yang tidak terlalu jauh dari warna dasarnya. Warna asli dari madu tidak sepenuhnya terdiri dari satu warna atau homogen, melainkan heterogen. Selain itu warna madu tergantung dari sari pati tumbuhan yang dihisap oleh lebah.
2. Kocoklah madu untuk melihat madu itu murni atau campuran. Madu murni akan terlihat buih yang jumlahnya sedikit dan lebih halus. Tidak seperti madu campuran yang apabila dikocok akan terlihat banyak buihnya, karena ada campuran soda.
3. Rasanya tidak selalu manis, terkadang ada sedikit seperti rasa buah-buahan tempat madu diambil oleh lebah atau bahkan asam hingga pahit.
4. Teteskan madu ke lantai, lihat apakah ada semut yang menghampiri. Jika jumlahnya banyak, maka sudah pasti madu itu madu palsu atau campuran. Madu yang asli memang akan mengundang semut, tapi jumlahnya sedikit sekali. Bahkan ada yang tidak mengundang semut karena kandungan gulanya sangat sedikit.
5. Madu murni kandungan airnya sedikit. Dapat dibuktikan dengan meneteskan madu ke kertas, terutama kertas koran. Jika tetesannya mengembang, maka itu adalah madu palsu.
6. Madu yang murni bila dicampurkan dengan kuning telur maka kuning telur itu akan menjadi setengah matang, karena madu murni mempunyai kandungan yang apabila diminum akan merasakan rasa hangat.
7. Campurkan madu dengan menggunakan air hangat. Bila madu menyatu tanpa diaduk maka sudah pasti madu palsu. Berbeda dengan madu murni, bila dicampur dengan air hangat akan ada kemelut antara air dengan madu dan tidak akan larut bila tidak diaduk.

1 komentar:

Tolong ketika memberikan komentar apabila anda tidak mempunyai akun, name yang di bawah komentar, yang ada tanda panah kebawah itu tolong di klik dan klik deret paling bawah sendiri (anonymous).
dan apabila anda memberikan komentar, jangan lupa memberikan nama dibawah komentar anda. terima kasih. (^_^)

 

Blogger news

Blogroll

About